Ujian bagi Tamu Allah

besok sudah memasuki peringatan hari raya Idul Adha atau yang biasa disebut dengan bulan haji bagi kebanyakan orang, maklum pada bulan tersebut memang sudah “diagendakan” oleh sang maha pencipta buat kegiatan pelaksanaan salah satu rukun islam yang ke 5. Namun, kayaknya bagi jamaah haji asal Indonesia tidaklah mudah untuk menunaikan kewajibannya, setelah diuji dengan jarak pemondokan yang jauh dari Masjidil Haram yang merupakan salah satu lokasi yang sangat diidam-idamkan oleh para calon haji untuk melaksanakan ibadah sholat, sekarang ditambah lagi dengan kejadian Banjir yang merendam di Jeddah, meskipun hal ini tidak mempengaruhi seluruh jamaah haji asal indonesia, tapi yang jelas kejadian ini menjadi salah satu ujian bagi para calon haji untuk melaksanakan ibadah wukuf di Padang Arafah -mendekatkan diri kepada Allah-. seperti yang dikutip dari portal Liputan6.com..

Jeddah-Mekkah banjir, jebak ribuan calon haji

Peristiwa langka terjadi di Arab Saudi. Banjir besar melanda Kota Jeddah, Arab Saudi, Rabu (25/11), akibat hujan terus-menerus sejak pagi hingga menjelang tengah hari waktu setempat. Berdasarkan pantauan SCTV di Jeddah, rombongan petugas haji Indonesia yang bergerak menuju Mekah terhambat kemacetan menyusul banjir. Sementara ANTARA melaporkan, ribuan jemaah terancam gagal melaksanakan wukuf karena akses menuju Mekah dan Padang Arafah terputus.

Sebuah ruas jalan juga terendam bagaikan sungai deras dan menyapu semua yang dilintasi, termasuk mobil, tong sampah, dan barang lain yang tidak sempat diselamatkan pemilik. Di ruas itu ketinggian air mencapai setengah meter. Dinding pemisah jalan juga jebol diterjang air. Hujan lebat, apalagi banjir adalah kejadian langka di Arab Saudi. Mekah dan kawasan perkemahan jemaah di Padang Arafah dilaporkan juga diguyur hujan. Kantor Daerah Kerja Pantia Penyelenggara Haji Indonesia di Mekah juga tergenang air.(ZAQ)

Tapi, kembali ke tujuan awal yang ingin mendekatkan diri kepada Allah, semoga kejadian ini menjadi salah satu rangkaian ibadah yang dapat menjadikan haji yang mabrur…Amien…(ifood.09)

Facebook, merajai dunia maya!!!

buset dah???pertumbuhan pengguna facebook di Indonesia mengalami kenaikan 645% di tahun 2008…tapi sebenere hal itu bukanlah hal yang mengagetkan melihat budaya orang indonesia di dunia social networking…sebelom ni friendsterpun sempat merajai dunia maya di indonesia, namun sejak tahun 2008 ini kayaknya facebook telah berhasil menggeser posisi dari jejaring sosial “friendster”. buktinya g hanya orang dewasa saja yang terlibat sebagai para pengguna facebook, anak-anak, pegawai kantoran sampe mahasiswapun g bakalan melewatkan kesempatan untuk membuka facebok ketika ada kesempatan, bahkan g jarang-jarang dari mereka yang “mencuri” waktu disela jam kerjanya untuk online di depan layar monitor….

INDONESIA vs MALINGSIA

mungkin judul diatas emang g pantas buat ditulisin cz terlalu kasar untuk ukuran bangsa indonesia yang terkenal dengan bangsa yang ramah dan beradab, seenggak-enggaknya itu terbukti dengan tindakan bangsa indonesia yang tidak pernah mengklaim budaya bangsa lain agar bisa disebut sebagai hasil budayanya, g seperti bangsa tetangga….kayake “negara serumpun itu lagi bingung buat ngewujudin icon yang dibuatnya untuk pariwisatanya “Truly Asia” ampe-ampe harus ngeklaim budaya bangsa disekitarnya buat dijadikan sebagai budayanya sendiri”…tapi sebenere dengan kejadian itu, bangsa indonesia harusnya bisa instropeksi diri atas apa saja yang udah dilakuin buat ngejaga warisan budaya leluhur kita…

mungkin ini sebagian andil yang bisa diberikan kepada bangsa ini dari sekolahQ, meskipun g bakalan bisa ngubah kejadian itu tapi seenggaknya dengan memberikan semangat nasionalisme dan rasa bangga terhadap budaya bangsa sejak dini kepada siswa-siswi di sekolahQ-khususnya- bisa sedikit memperlambat hilangnya warisan budaya tersebut – mudah-mudahan enggak – …..nih tetep lanjutan dari acara 17-an…

BOY….

It`s a boy….ngawur iki, cuman iseng cz lali foto ma doc yang mo diupload g kebawa (flshdiske maksude)….

AGUSTUSAN, MERDEKA !!!!

Nih tulisan bakalan ngupas masalah kegiatan yang telah aq lakuin – tapi lebih tepatnya yang udah dilakuin ma warga sekolah dimana tempat aq ngajar, SMP Islam Tsamrotul Afkar – dalam rangka memeriahkan acara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64… seperti taon-taon sebelumnya, yang namae bulan agustus pasti bakalan meriah dengan banyaknya kegiatan yang dilakuin buat ngerayain kemerdekaan bangsa ini, termasuk juga di kecamatan dimana sekolahQ berada, seperti acara rutinan bahwa tiap tahon ditempatQ pasti ada kegiatan Lomba Gerak Jalan tingkat Kecamatan baik itu dari level anak SD/MI ampe SMP, SMA yang tergabung dalam level UMUM, maklum jumlah sekolah level SMP ma SMA di tempatQ g terlalu banyak…..

Kejayan, 10 Agustus 2009,
Seperti yang udah aq tulis diatas bahwa di tempatQ tiap taon pasti ada yang namae lomba gerak jalan tingkat Kecamatan, dan untuk kegiatan ini biasanya setiap lembaga pendidikan yang ada pasti mengeluarkan pasukan gerak jalannya untuk ngewakili sekolahnya masing-masing, dan g mau ketinggalan sekolahQ juga kut nimbrung ngeramein acara peringatan 17-an itu meskipun untuk taon ini sekolahQ agak kesulitan buat nyiapin pasukan yang bakal ngebawa nama sekolah, ya maklum untuk nak SMP kegiatan ini udah g menarik, banyak alasan yang mereka buat supaya mereka g terpilih sebagai wakil sekolah dalam kegiatan ini, mulai dari pura-pura sakit, capek en de el el…padahal kalo ngelihat para pejuang bangsa yang berusaha ngewujudin kemerdekaan bagi bangsa ini seharusnya kita malu, gimana g ? qta sekarang udah hidup dizaman yang udah merdeka, g perlu lagi berjuang secara fisik buat ngelawan penjajah tapi hanya untuk ikut ngerayain acara kemerdekaan ini saja qta udah ngeluh capek, sakit, padahal para pejuang tidak pernah merasakan rasa capek yang menghinggapi tubuh mereka , bahkan mereka relah mengorbankan nyawa mereka hanya untuk ngewujudin keinginan agar sang saka Merah Putih bisa berkibar dengan gagahnya dibumi pertiwi….tapi y wez lah, semoga kita generasi muda bisa ngebawa bangsa ini kearah kondisi merdeka yang hakiki, merdeka dari kemiskinan, pengangguran, para koruptor ampe merdeka dari penjajahan produk-produk luar negeri yang tiap hari makin gencar menyerbu ibu pertiwi….

Nih, anggota pasukan Gerak Jalan yang ngewakili sekolahQ untuk ikut ngerayain hari kemerdekaan, meskipun g bisa nerusin tradisi sekolah yang tiap taon mampu ngegondol piala tapi y wez, g penting….yang penting nak-nak dah mau ngelaksanain tanggung jawab mereka….

Water Blue ???

Kamis, 09 Juli 2009

Biasa waktu liburan setelah ngelaksanain Ujian Akhir Semester, nak-nak Estekaipe kumpul-kumpul buat refreshing atas apa yang udah dilaksanain, urusan nilai ma g penting, yang penting nama dah masuk ke dosen, dah beres (itu sech cuman pendapatku, entah yang laen)…

untuk liburan UAS semester ke-2 ni nak-nak ngerencanain buat liburan ke “water blue”, maklum waktu liburan semester awal dah perhi ke KBR yang serba ijo-ijo sekarang mo lihat yang biru-biru -tapi g blue film lho-. alhasil rencana dadakan terlaksana. tapi yang namae ngumpulin anak banyak ya g sesuai ma rencana cz semuanya padha ngaret alhasil g bisa kumpul, maklum sekarang nak-nak da sibuk ma kegiatan kerjaan masing-masing mulai nganterin anaknya daftar sekolah ampe kegiatan acara keluarga……

nah nih foto yang diabadiin ma nak-nak…

Wisuda Angkatan 01….

Kamis, 25 Juni 2009

Ini mungkin hari yang bersejarah bagi “anak-anakQ” siswa kelas 9, maklum tuh hari adalah hari pelepasan mereka sebagai siswa SMP Islam TSamrotul Afkar atau bahasa kerennya mereka telah dengan resmi diwisuda dari SMP. tapi kayake hari itu bukan hanya milik siswa kelas 9 tapi juga sebagai hariku,why?ya iyalah, gimana g,acara wisuda ini adalah untuk pertama kali bagi sekolah tempat aq kerja n aq kebagian jadi panitia utama.

2 minggu sebelom hari H, aq ma rekan kerjaku da sibuk buat mikir gimana acara bakalan berlangsung, alhasil 3 minggu aq g kuliah. maklum, aq mesti nungguin “anak buahku” buat latihan albanjari ma paduan suara tiap pulang sekolah (sebenere sech bukan tugasQ, tapi yang dapet bagian g “jalan”, alhasil aq ma rekan kerjaku -erna- yang ngehandle).

tepat H-1, kerja lembur bozz, gimana g, ternyata g hanya mesti nungguin albanjari ma paduan suara yang mesti aq lakuin tapi ternyata juga aq mesti ngelatih nak yang kebagian jadi protokoler (maklum sengaja aq bikin protokolernya bilingual alias 2 bahasa -Indonesia ma Arab-), mana belom mikir gimana dekor ma terop buat undangan n wisudawan alhasih puyeng bos..begitu juga ma rekan kerjaQ -erna-, de`e juga mesti lembur bikin kue buat undangan lembur sendirian mulai pagi 24 Juni 2009 ampe pagi lagi 25 Juni 2009 (meskipun baru dapet bala bantuan jam 9 malem sech) tapi yang jelas H-1 Lembur Bozzzz…

Rabu, 24 Juni 2009, tepat pukul 12.00 malem dekor yang da dibikin dengan bantuan dari anak-anak pondok, ambruk…gimana g stress???acara bakal dimulai jam 8 page, tapi dekor belom siap, tapi untung da Pak SheHab yang rela ampe g tidur semaleman buat benahi dekor…salut buat pak SheHab ma anak-anak yang rela ngebantuin ampe g tidur semaleman… tapi lucunya, masak anak yang bakal diwisuda yang bikin dekornya…

alhmadulillah, acara berjalan lancar g ada kendala yang berarti, bahkan banyak yang salut ma protokolernya..BBBEEEEHHH, MANTAP!!!

nech foto yang sempet kejepret….

Jangan Tanggalkan Jilbabmu !!!!

nih judul aq ambil dari salah satu buletin di Imud (ga ding g cuman judule tapi seluruh isine)….

Jilbab ato kerudung???jo ampe ente bilang g angerti opo ku Jilbab ato kerudung (tapi kalo ente g ngeh ma yang namae jilbab ato kerudung, coba deh ente cari di tengah-tengah segitiga bermuda). Jilbab ato kerudung itu merupakan salah satu pakaian dari wanita untuk menutup auratnya seperti yang termaktub dalam al-quran (sorry bos q lali ndek surat sing ndi tapi pasti ono koq kalo ente mo nyari)……

Jilbab = Islam

mungkin itu yang terlintas dipikiran ente kalo ente lihat cewek yang pake jilbab, secara g sadar ente dah ngeh kalo tuh cewek pasti Islam (maksude agamane). yah seperti itulah pandangan orang mengenai jilbab, pasti selalu ngait-ngaitkan ma islam. padahal g semua orang yang berjilbab itu islam. g paham maksude???(coba ente ambil air terus siram ke otake ente biar otake ente encer). nih ane kasih analog…coba kalo lihat cowok pake gincu ato lipstik apa cowok itu bakal ente pikir cewek? g bakalan khan, tapi kalo waria MUNGKIN!!karena sejatinya meskipun tuh cowok pakle gincu ato lipstik yang kebanyakan dipake ma cewek tapi sejatinya tuh cowok tetep COWOK g bisa disebut CEWEK. nah ni kesalahan kita-kita selama ini yang memandang islam hanya dari simbolnya doank. jangan-jangan kalo ente lihat di KTP pokoke da tulisan : agama Islam, berarti islam(ssstttt jo rame-rame : misalno yang islam KTP-nya doank, yang sholat KTP-nya, yang dapet pahala KTP-nya, terus kalo masuk surga berarti yang harusnya masuk ya cuman KTP-nya doank).

dah paham khan maksud ane???karena sejatinya Allah g hanya membutuhkan orang mengaku islam dari mulutnya saja tapi juga melalui amalnya juga. so bagi cewek yang dah make jilbab ato yang berkerudung pertanggung jawabkan apa yang ente pake karena seyogyanya kalo ente dah make yang namanya jilbab secara g langsung orang dah nganggep ente beragama islam, so kalo ente g mau agama qta dapet cemoohan dari orang lain ente juga mesti punya perilaku yang islamy donk. so Keep your “jilbab”..OK????

Belajar dari Kupu-Kupu

Suatu kali saya sempat membaca satu buku, kalo g salah judulx “setengah isi setengah kosong” (klo g terbalik).buku ini berisi tentang cerita-cerita pendek yang bisa memberikan kita hikmah atau pandanganyang berbeda tentang hidup. salah satu yang sempet saya baca kayak gini….. ada seorang anak yang sedang asyik melihat proses metamorfosis satu kepompong, ditunggunya berapa lama hingga muncul sosok kupu-kupu kecil yang dilihatnya kesulitan menerobos lubang kecil dari kepompongnya. singkat cerita karena merasa kasihan diambillah gunting untuk membuka lebar lubang yang ada pada kepompong, alhasil sosok kupu-kupu kecil itu keluar dengan bentuk badan yang gendut karena dalam badannya masih terisi cairan. ditunggunya berapa lama sambil berharap agar kupu-kupu itu bisa segera terbang menghinggapi bunga yang ada ditaman tapi selama apapun kupu-kupu itu ditunggu tapi tetap juga ia tidak terbang. sesungguhnya proses satu kepompong untuk bisa berubah menjadi satu kupu-kupu yang indah itu  memerlukan satu pengorbanan. karena pada prinsipnya untuk menjadi satu kupu-kupu yang bisa terbang itu, sang kepompong harus mampu melalui lubang kecil yang ada agar cairan yang ada pada tubuhnya bisa mengalir ke sayapnya. dari kejadian ini kita bisa belajar bahwa hidup adalah perjuangan tanpa henti seperti lirik dari lagu grup band papan atas indonesia “DEWA19”. karena pada dasarnya apabila dalam hidup itu kita hanya mendapatkan sesuatu secara instant maka kemampuan yang kita miliki belum tentu mumpuni untuk suatu kehidupan. seperti halnya dalam dunia pendidikan, sekarang ini banyak para tenaga pendidik yang berasal atau memegang ijazah dari kampus atau universitas pendidikan, mereka banyak yang hanya memiliki ijazah akta 4. apakah kemampuan mereka untuk menjadi seorang tenag pendidik sudah mumpuni hanya dengan mendapatkan ilmu atau tata cara dalam pendidikan hanya beberapa bulan saja ? tapi apapun itu yang jelas mari berjuang terus untuk kehidupan kita dan terus berjuang untuk dunia pendidikan kita….(ifood)

FriendShip is Never Die

mungkin emang judul itu yang pantasbuat ngewakili isi tulisan ini. yang namanya persahabatan emang g bakalan mati meskipun kita udah berpisah….disini aq cuman pengen berbagi pengalaman ja,….

waktu SMK qta satu kelas emang kompak, capa lagi kalo bukan MUMEDUA, yang kompak mulai dari yang baek2 ampe yang g karuan2 mulai kerjasama contekannya sampe kenakalan2 remaja yang dilakuin, kayaknya kalo satu kena masalah yang lain siap memberikan pundaknya..nama ini ngewakili kelas qta MULTIMEDIA DUA (maklum qta ni anak smk yang ngambil jurusan TEknik Informatika ato lebih tepatnya MULTIMEDIA)…meskipun didalemnya ada gank-gank kecil tapi tetep yang namanya mumedua tetep berjaya meskipun qta da pisah…..salam kompak selalu buat nak2 MUMEDUA….. tapi kalo akhir-akhir ni buat ngumpulin semua nak2 MUMEDUA da susah, gimana g? mereka da nyebar ke seluruh pelosok negeri (Mulai dari Batam, Jakarte, ampe Maluku Utara) buat ngeraih cita-cita mereka masing-masing ato hanya sebagai pelarian dari masalah yang ada…(sotois aq)..

lain tempat, lain lagi cerita persahabatan yang ada.. yang ini cerita persahabatan yang baru ja terjalin, ni semua tentang KEPOMPONG EsTeKaIPe…kalo yang ini meskipun baru terjalin tapi da terlihat kepribadian mereka masing-masing…. mulai dari Ecy, Mina ma Cumi yang narsis ampe yang coupler2…..

selain di wilayah pendidikan, di lingkungan sekitar g menutup kemungkinan terjalinnya suatu persahabatan malah terkadang hal itu menjadi lebih dari hanya sekedar seorang sahabat……kayak foto yang ni…..

« Older entries
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.